Pasar News -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Keberhasilan Pembelajaran Secara Daring

20 May 2022 | 20 May WIB | 0 Views Last Updated 2023-05-14T09:10:01Z

Keberhasilan Pembelajaran Secara Daring 

Pembelajaran daring merupakan cara baru dalam kegiatan belajar mengajar, dimana dalam prosesnya menggunakan bantuan media elektronik yang terhubung dengan internet. Pembelajaran daring adalah pembelajaran yang mampu mempertemukan mahasiswa dan dosen untuk melakukan interaksi pembelajaran secara virtual dengan bantuan internet. Dengan demikian, hal yang paling penting dalam pelaksanaan pembelajaran daring adalah ketersediaannya koneksi internet. Pembelajaran akan mengalami kendala apabila ada masalah yang berhubungan dengan kondisi jaringan, hal ini dikarenakan keberlangsungan pembelajaran tersebut bergantung pada keadaan jaringan.

Menurut Yohana dkk (2020) Pembelajaran Daring adalah pembelajaran yang diselenggarakan melalui jejaring web. Setiap mata kuliah/pelajaran menyediakan materi dalam bentuk rekaman video atau slideshow, dengan tugas-tugas mingguan yang harus dikerjakan dengan batas waktu pengerjaan yang telah ditentukan dan beragam sistem penilaian.akan untuk mengakses informasi kapan saja dan dimana saja.

Untuk menjadikan pembelajaran daring sesuai dengan yang diharapkan, maka perlu diketahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhinya. Menurut Roman dkk (dalam artikel SAINTEKS, 2019:58) memaparkan tiga hal yang memberikan efek terkait pembelajaran daring, yaitu:

1.  Teknologi, secara khusus pengaturan jaringan memungkinkan untuk terjadinya pertukaran sinkronisasi dan asinkronisasi, siswa harus memiliki akses yang mudah (misalnya melalui akses jarak jauh) dan jaringan harus membutuhkan waktu minimal untuk pertukaran dokumen;

2. Karakteistik pengajar, pengajar memainkan peran sentral dalam efektifitas pembelajaran secara daring, bukan sebuah teknologi yang penting tetapi penerapan instruksional teknologi dari pengajar yang menentukan efek pada pembelajaran, siswa yang hadir dikelas dengan instruktur yang berbeda yang memiliki sifat positif terhadap pendistribusian suatu pembelajaran dan memahami akan sebuah teknologi akan cenderung menghasilkan suatu pembelajaran yang lebih positif;

3.   Karakteristik siswa, siswa yang cerdas dan memiliki displin serta kepercayaan diri yang tinggi akan mampu untuk melakukan pembelajaran dengan metode daring.

Selain teknologi yang mencakup jaringan, karakteristik pengajar dan peserta didik juga sangat mempengaruhi faktor keberhasilan pembelajaran secara online. Pengajar harus pandai mengadaptasikan dirinya dengan model pembelajaran daring. Apabila sudah terbiasa, maka dosen akan mampu menggunakan media atau aplikasi yang cocok dan sesuai dengan materi mata kuliah. Karakteristik peserta didik juga mempengaruhi keberhasilan metode pembelajaran ini. Peserta didik yang disiplin dan terbiasa belajar mandiri kemungkinan besar akan lebih cepat beradaptasi dibandingkan dengan peserta didik yang kurang disiplin.

Indikator Pengukuran Pembelajaran Daring

Dalam penggunaan pembelajaran daring ada beberapa indikator yang digunakan dalam pengukuran pembelajaran daring. Adapun indikator pembelajaran daring menurut Yudiawan (2020) adalah :

1)    Media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran daring.

2)    Tujuan dari adanya pembelajaran tersebut.

3)    Kualitas materi yang disampaikan dalam kelas daring

4)    Pemahaman mahasiswa dalam penggunaan media daring.

5)    Kompetensi dosen dalam mengajar secara daring.

Sejalan dengan Sadikin (2020), kesuksesan tentang pembelajaran daring dapat diukur dengan indikator-indikator sebagai berikut:

1) Sarana dan prasarana yang dimiliki mahasiswa untuk melaksanakan pembelajaran daring

2)    Respon mahasiswa mengenai efektivitas pembelajaran daring;

3)  Pelaksanaan pembelajaran daring dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di lingkungan perguruan tinggi.

 

No comments:

×
Berita Terbaru Update