PT Astra Honda Motor (AHM) dipastikan akan meluncurkan motor baru dalam waktu
dekat ini. Dilihat dari teaser gambar yang diunggah di akun Instagram
@welovehonda_id, calon motor baru Honda ini diduga merupakan All New
Honda ADV 160. Apakah nanti desainnya akan mirip seperti All New Honda ADV 350?
Untuk diketahui, ADV 350 telah diluncurkan di Eropa beberapa waktu lalu.
Motor ini memiliki garis desain yang sama seperti ADV 150, terutama di area
fascia-nya. Namun ADV 350 dibuat sedikit lebih bongsor bodinya, mirip-mirip
Honda Forza 350.
Nah, sekarang kalau kita bandingkan dengan teaser gambar ADV 160 yang
beredar di media sosial, ada sedikit kemiripan antara desain ADV 350 dan ADV
160, terutama di bagian depan. Kalau diperhatikan dari teaser gambar
tersebut, bentuk fascia dengan desain lampu ngumpet dan alis DRL LED calon
ADV 160 ini cukup identik dengan ADV 350. Hanya saja dimensinya mungkin
sedikit lebih kecil.
Bagian lain yang cukup mirip adalah bentuk windscreen-nya yang agak lebih
panjang. Sedang kalau dilihat alur desain bodi sampingnya, tampak berbeda
dengan alur bodi samping ADV 350. Tapi yang pasti, jok ADV 160 ini mengadopsi
model split seat alias bertingkat.
Bagian lain yang cukup mirip adalah bentuk windscreen-nya yang agak lebih
panjang. Sedang kalau dilihat alur desain bodi sampingnya, tampak berbeda
dengan alur bodi samping ADV 350. Tapi yang pasti, jok ADV 160 ini
mengadopsi model split seat alias bertingkat.
Dalam undangan yang diterima detikOto, konferensi pers peluncuran model
baru Honda tersebut dilaksanakan pada 1 Juli 2022. Menarik dinanti, apakah
desain ADV 160 akan semirip desain ADV 350.
Sebelumnya Honda memiliki strategi memasarkan PCX 150, Vario 150, dan ADV
150 dengan menggunakan platform mesin yang sama. Pada model ADV 160 juga
akan menggunakan platform mesin yang sama dengan PCX 160 dan Vario 160 atau
Click 160.
Mesin itu mengusung kode eSP+ dengan peningkatan jumlah klep dari 2 klep
menjadi 4 klep dan peningkatan kapasitas mesin dari 149cc menjadi 157cc,
ukuran bore x stroke adalah 60,0 x 55,5 mm dan rasio kompresinya adalah
12:1.
Dengan mesin yang lebih bertenaga, mampu menghasilkan tenaga kuda
maksimum 15,8 dk pada 8.500 rpm dan torsi maksimum 15 Nm pada 6.500
rpm.
Honda ADV 160 diprediksi menggunakan HSTC Honda Selectable Torque
Control) seperti PCX 160. HSTC ini berfungsi untuk membatasi torsi mesin
jika terdeteksi adanya perbedaan kecepatan putaran ban depan dengan ban
belakang, sehingga potensi terjadinya ban selip dapat dihindari.
Saat ini, HSTC dapat dijumpai pada model Big Bike dan Matic Premium Honda
seperti Honda CRF 1000L Africa Twin, Honda Gold Wing, CBR 1000RR, X-ADV
750, Forza, dan PCX 160.
Copas dari
https://oto.detik.com/motor/d-6144843/seperti-inikah-desain-all-new-honda-adv-160
No comments:
Post a Comment